Hampir semua orang pasti pernah mendengar sekarang tentang sistem operasi Android Google yang terkenal, meskipun menyediakan fitur yang cukup menarik sejauh tingkat integrasi dengan berbagai layanan Google yang bersangkutan, masih kurang populer dari sistem operasi lain yang serupa, seperti Symbian atau Windows Mobile. Namun, potensinya jauh lebih mengesankan, mengingat fakta bahwa hal itu dapat dengan mudah berjalan pada sistem x86.

Agar Android OS berjalan di komputer anda, anda bisa memilih dua metode yang berbeda: yang sangat mudah (menggunakan CD boot Live CD, yang berarti bahwa Anda harus membakar file image OS Android ke CD) dan sedikit lebih sulit (menggunakan mesin virtual yang berjalan pada komputer anda, yang, bagaimanapun, jauh lebih menarik, karena tidak melibatkan reboot, sehingga tidak perlu repot menggunakan CD).

Dan dibawah ini adalah rincian metode-metode yang disebutkan di atas:

Metode 1: Burn Live CD

Langkah 1 – Download dua bagian dari Live CD. Iso Disini Part 1, part 2
Langkah 2 – Gabungkan dua segmen ke dalam satu menggunakan aplikasi khusus (penulis merekomendasikan HJSplit untuk menggabungkan file image).
Langkah 3 – Burn yang File Iso ke CD kosong menggunakan pembakar disc favorit Anda (penulis menggunakan Nero 6 “Burn image file to Disc”).
Langkah 4 – Reboot komputer (pastikan bahwa CD-ROM ditempatkan di boot HDD dalam daftar perangkat boot).
Langkah 5 – Tunggu dulu untuk memuat (Android Live CD splash screen mungkin akan memakan waktu cukup lama) dan kemudian voila! Anda telah mendapat sistem operasi Google Android berjalan tanpa masalah pada komputer Anda.

Metode 2: Menjalankan OS Android pada mesin virtual pada komputer Anda

Sementara metode kedua ini agak sedikit lebih sulit daripada yang pertama, itu juga jauh lebih menguntungkan, karena akan memungkinkan Anda untuk menjalankan aplikasi lain pada waktu yang sama dengan Android.

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menginstal aplikasi mesin virtual, jika Anda tidak memiliki satu sudah terinstal. Sebagai contoh, Penulis mengunakan Sun VirtualBox, hanya karena menyediakan dukungan jaringan tanpa memaksa kita untuk bermain-main lagi dengan pengaturan dan prompt perintah.

Selain itu, Anda juga harus memasang optical drive emulator perangkat lunak untuk mendapatkan LiveCD berjalan dalam mesin virtual (tentu saja, yang tergantung pada mesin virtual yang Anda gunakan. Penulis menggunakan Daemon Tools Lite )

Berikut ini adalah langkah-langkah yang harus Anda ikuti untuk dapat menjalankan Android dari komputer Anda sendiri secara langsung. Ini adalah langkah umum kasar, tapi penulis sangat yakin Anda akan mendapatkan menguasainya cukup cepat.

Langkah 1 – Download dua bagian dari Live CD. Iso file dari halaman web android (link yang diberikan di atas).
Langkah 2 – Gabungkan dua segmen ke dalam satu menggunakan aplikasi khusus (HJsplit link disertakan diatas).
Langkah 3 – Download dan install perangkat sun virtualbox.
Langkah 4 – Download dan instal CD / DVD emulator.
Langkah 5 – Mount image LiveCD ke CD / DVD emulator.
Langkah 6 – Membuat mesin virtual yang baru dengan menggunakan software virtualisasi (Untuk hasil yang baik alokasikan setidaknya 256MB RAM, sementara ruang HDD tidak begitu penting, tetapi harus memiliki setidaknya beberapa ratus MB).
Langkah 7 – Di dalam software virtualisasi, pilih virtual drive pada LiveCD gambar yang telah di-mount sebagai boot drive.
Langkah 8 – Buat mesin virtual.

Setelah menyelesaikan langkah 8, mesin virtual mulai boot up. Di sana, Anda akan dapat mengakses Android OS, meskipun terdapat fitur2 yg dikurangi.

Namun LiveCD ini kebanyakan ditujukan pada para pengembang, yang sebenarnya harus membuat aplikasi untuk sistem operasi ini, sehingga user normal tidak akan mendapatkan keuntungan terlalu banyak dari itu, terlepas dari kemungkinan untuk melihat lebih dekat pada apa yang mereka harus harapkan dari OS berbasis Google.

Selamat Mencoba!!!!